Sudahkah Anda Konsisten?

Oleh : Yudik Wergiyanto
Jika saya melemparkan pertanyaan: seberapa pentingkah sebuah komitmen itu, maka saya yakin hampir sebagian besar akan menjawab bahwa komitmen itu sangatlah penting. Seseorang yang tidak berkomitmen terhadap apa yang dikerjakannya, saya pun yakin bahwa dia tidak akan menghasilkan apapun dari yang dikerjakannya itu. Kalaupun berhasil, hasilnya juga tak akan maksimal.
Begitu pula dengan dua sejoli yang menjalin hubungan. Jika tidak ada komitmen di antara mereka, maka hubungan itu seperti berjalan tanpa tujuan yang lama kelamaan akan membuat mereka lelah dan memilih berhenti atau mengakhiri perjalanan. Tapi, tulisan ini tidak akan membahas komitmen di antara dua orang yang saling mencintai.
Jadi, sekali lagi, komitmen itu penting.
Tapi terkadang sebuah komitmen saja tidak cukup. Komitmen seringkali hanya menjadi sebuah manis di ujung lidah saja: sangat mudah cepat menghilang. Jika sudah demikian, maka komitmen tidak lagi seperti sebuah janji tulus yang datang dari hati. Ia hanya sekadar ucapan belaka tanpa dibarengi dengan kesungguhan dan tanggung jawab.
Lalu, apalagi yang kita butuhkan selain komitmen? Ada satu hal lagi yang tak kalah penting yang harus juga kita miliki selain komitmen. Jika komitmen adalah perkara kesungguhan kita, maka kesungguhan tersebut haruslah diuji terlebih dahulu dengan kekonsistenan kita.
Ya, kita harus konsisten.
Konsisten, bagi saya, adalah soal tindakan setelah kita berkomitmen. Juga, merupakan cerminan dari komitmen awal yang kita miliki. Jika memang seseorang bersungguh-sungguh dengan komitmennya, maka ia sepatutnya juga memiliki konsistensi yang baik.
Sebuah konsistensi sangat diperlukan dalam laku apapun. Khususnya yang berkaitan dengan kreatifitas. Atau apapun yang menghasilkan output sebuah karya. Dalam hal ini yang terdekat adalah ‘menulis’.
Seseorang boleh berkata, “Saya ingin menulis sebanyak mungkin. Bikin cerpen yang bisa terbit di media-media nasional. Lalu menerbitkan buku.” Itu wajar-wajar saja. Sah-sah saja. Tidak ada yang salah dalam perkataan ini. Namun akan salah apabila ucapan itu hanya berhenti di mulut saja. Tidak diikuti dengan tindak kekonsistenan. Dia jarang menulis, jarang membaca. Maka cita-citanya untuk menerbitkan cerpen dan buku bisa jadi hanya akan jadi mimpi belaka. Kalaupun bisa, tentu saja, itu sebuah keajaiban dunia.
Saya – dan seorang teman – pernah memiliki suatu ide menerbitkan sebuah media. Dengan kesepakatan dan komitmen bersama, akhirnya media itu pun meluncur. Sebuah media yang sederhana. Kami merintisnya perlahan. Mengembangkannya sedikit demi sedikit.
Di awal-awal munculnya media itu, kami sangat bergairah. Kami tuangkan semua keresahan kita dalam media itu agar dapat dibaca oleh banyak orang. Syukurlah, meskipun tidak banyak masih ada yang mau baca media itu.
Seiring berjalannya waktu, karena banyak urusan yang tak bisa ditinggalkan, media itu mulai saya tinggalkan. Saya pasrahkan teman yang mengelolanya. Sementara, saya fokus dengan urusan saya sendiri, sampai lama kelamaan saya lupa dengan media itu. Teman saya pun tidak mengabarkan apa-apa mengenai media itu.
Entah kenapa, gairah saya yang muncul di awal-awal saat membuat media itu, mendadak sirna. Saya tak memiliki gairah lagi. Sampai akhirnya, saya benar-benar meninggalkan media itu.
Teman saya pun bertanya, “Bagaimana nasib ide kita itu?” Saya cuma menjawab, “Biarkan ia tidur dulu. Kelak ia akan bangun lagi.”
Saya mengatakannya tidak dengan bersungguh-sungguh. Dalam hati saya, sejujurnya, tak tau apakah media itu akan ‘bangun’ kembali.
Sayalah yang tidak memiliki konsistensi dalam hal ini. Saya hanya bergairah di awal. Menggebu-gebu. Tapi di tengah jalan saya loyo. Dan komitmen awal yang saya ikrarkan pun bagai asap rokok yang terbang ke udara: hilang entah kemana.
Maka dari itu, sebuah konsitensi sangatlah penting. Komitmen juga penting, iya. Tapi suatu waktu kita akan dihadapkan pada satu kondisi yang menguji komitmen kita. Kita akan disibukkan dengan urusan kita yang lain. Dibuat tidak fokus dengan tanggung jawab kita. Saat itulah, kekonsistenan sangat dibutuhkan. Jika kita konsisten, kita tidak akan kalah pada situasi yang demikian.
Sekali lagi, mari kita bersama-sama berkomitmen. Juga, menjaga konsistensi kita. Jangan sampai kita punya komitmen, tapi tak mau konsisten. Jangan sampai malu pada anak-anak yang sering menunggu bus di pinggir jalan. Masa mereka harus bilang, “Om Konsisten Om”?
___
Sumber foto : ngajionline.id

Sudahkah Anda Konsisten? Sudahkah Anda Konsisten? Reviewed by Redaksi on Juli 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar