Sunyaruri; Hantu-Hantu Kesunyian

Oleh : Moh. Imron
Buku ini hinggap di tangan saya setelah 3 tahun terbit melalui tukar pinjam dari seorang sahabat. Bukan cuma buku ini, ada juga yang lain-lainnya. Namanya Basori. Sekitar 5 bulan buku ini ada di saya (ditumpuk). Dan akhirnya terbaca juga setelah membangun mood tepat di bulan Oktober 2016. Mungkin takdir buku ini seperti itu di tangan saya. Maklum saya masih mau belajar agar gemar membaca.
Judul
: Sunyaruri
Penulis
: Risa Saraswati
Editor
: Maria M. Lubis
Ilustrasi
: Riandy Karuniawan
Peberbit
: Rak Buku
Tahun Terbit
: Pertama Oktober 2013
Jumlah Halaman
: 333
Buku ini berkisah tentang persahabatan Risa dengan makhluk kasat mata anggap saja hantu. Memang seperti tidak ada batasan persahabatan (hantu) mereka dalam dunia yang berbeda meskipun kadang Risa dianggap gila oleh sahabat-sahabat di dunia nyata lantaran berbicara sendiri. Semenjak sahabat-sahabat (hantu) menjauh Risa merasa sangat kehilangan. Ia sangat rindu pada sahabat-sahabat (hantu) yaitu Peter, Hans, Hendrick, Janshen, Marianne dan Norma.
Membaca buku Sunyaruri seperti membaca diary dan kumpulan cerpen. Melalui diary Risa menceritakan atau curhat tentang kenangan, kerinduan pada sahabat-sahabat hantu yang telah pergi. Selain itu Risa juga menceritakan beberapa sahabat baru (hantu) yang baru dikenalnya. Karina, Mara dan Dara (kembar), Kartika, Elsja, dan Toro.
Sahabat-sahabat baru diceritakan dengan utuh seperti cerpen. Menggunakan sudut pandang orang pertama yang bercerita tentang selama masih hidup hingga ajal menjemputnya.
Penulis mampu mengakhiri cerita dengan kisah haru, tidak membosankan dan sangat membekas di ingatan. Menjadikan masa penjajahan Belanda dan Jepang menjadi bagian latarnya. Meskipun bercerita hantu akan tetapi tidak menakutkan.
Dalam buku ini saya juga menemukan gaya baru cara menyampaikan cerita. Mungkin karena saya jarang baca buku yang mirip seperti ini. Entahlah. Tapi cukuplah buku ini sangat memotivasi diri dan sangat menghibur. Selain itu bahasanya sederhana dan mudah dipahami.[]
___

Sumber foto : tokopedia

Sunyaruri; Hantu-Hantu Kesunyian Sunyaruri; Hantu-Hantu Kesunyian Reviewed by Takanta ID on Juli 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar