Writing Camp, Sebagai Ajang Silaturahami antar Penulis


Forum Lingkar Pena (FLP) Jawa Timur menyelenggarakan acara Writing Camp atau biasanya menyebut Perkemahan Kepenulisan yang diselenggarakan setiap tahun. Acara ini merupakan ajang silaturahmi sesama penulis dari penjuru daerah di Jawa Timur. Sebenarnya program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri untuk mengembangkan kreatifitas menulis bagi kalangan tertentu. Tempat yang dilaksanakan untuk Perkemahan Kepenulisan tepatnya di tempat yang nyaman dan mengudara alam begitu segar serta menikmati suasana berwisata. Pesertanya merupakan anggota aktif Forum Lingkar Pena (FLP) cabang se-Jawa Timur. Tidak hanya usia muda saja, tetapi ada kalangan orang dewasa, dan lanjut usia.
Konsep dalam acara Perkemahan penulis sama seperti perkemahan sabtu-minggu (Persami). Bedanya para anggota mendapatkan fasilitas seperti materi keorganisasian, kepenulisan, minat dan bakat, bisnis, hingga penerbitan. Jadi FLP sendiri dikemas secara detail dan dapat terpercaya. Literasi, dan dakwah sebagai penyampaikan pesan dituangkan melalui tulisan. Tujuan dari acara Writing Camp adalah tak sepenuhnya menekuni ilmu kepenulisan melainkan membuktikan bahwa penulis dapat membekali motivasi seperti kisah dari penulis, ilmu keorganisasian, melaksanakan ibadah qiyamul lail, serta membuat permainan yang dapat menghibur para peserta. Acara dilaksanakan selama dua hari dari hari sabtu hingga ahad tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kekompakan dan menjalin ukhuwah islamiyah ini dijadikan ajang persahabatan dan saling berbagi cerita kepada satu sama lain. Salah satu Materi kepenulisan yang tak membosankan disuguhkan, dari blogging, bedah film, penerbitan buku, cerpen anak, hingga kiat menang lomba dan tembus media.
Keseruan pemateri dengan membubuhkan ice breaking, praktik langsung, dan guyonan jomlo berhasil merebut perhatian peserta, khususnya peserta muda. Lebih asyik lagi yaitu outbound. Kegiatan ini dapat melepas kegiatan sejenak setelah mendapatkan ilmu dari pemateri. Seperti di Lumajang, pada tahun 2016 ini peserta ditantang untuk melangkahkan kaki dari pegunungan hingga ke tempatnya acara dengan sekuat tenaga. apa jadinya banyak peserta sambil bercanda ria dan berswafoto ditengah pemandangan begitu seru. Setidaknya selepas dari jalan kaki dapat mengambil hikmah bahwa seorang penulis menempuh proses menulis bagaikan menuntut ilmu di sekolah.
Di akhir acara bakal menyampaikan pesan dan kesan selama acara perkemahan kepenulisan oleh para peserta, baik laki-laki maupun perempuan. Ditambahkan dengan ajang Pena Awards sebagai ajang kompetisi peserta untuk mengetahui siapa yang meraih penghargaan bagi penulis terbaik tahun ini. Jika bakal dipilih akan mendapatkan plakat penghargaan.
Sementara pada tahun 2017 kemarin. Writing Camp diselenggarakan di Mojokerto. Materi yang dibawakan berupa Blogging, Kepenulisan Cerita Anak, dan cara mengirim naskah yang diterbitkan ke media massa dan penerbit mayor/indie. Peserta dianjurkan membawa laptop untuk mudah dipraktikkan cara mengolah blog dengan baik. Kendalanya di sana tidak ada sinyal. Jadi sebagai penggantinya akan melalukan lomba review blog dengan tema Cahaya Pustaka. Nantinya hasil review menarik bakal mendapatkan hadiah berupa buku dari Cahaya Pustaka. Hal yang paling terkesan selama Writing Camp adalah menikmati istirahat panjang ini dimanfaatkan lewat permainan sebagai ajang persahabatan dan keakraban antar peserta. Writing Camp ke depan bakal menampilkan kreatifitas apa saja yang disajikan oleh peserta. Setelah pulang dari acara ini para peserta mendapatkan pencerahan yang diperoleh dalam acara tersebut. Jangan bosan-bosan mengikuti acara seru tapi bermanfaat.

Biodata Penulis
M Ivan Aulia Rokhman, Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Dr Soetomo Surabaya. Lahir di Jember, 21 April 1996. Lelaki berkebutuhan khusus ini meraih anugerah “Resensi / Kritik Karya Terpuji” pada Pena Awards FLP Sedunia. Saat ini menjabat di Devisi Kaderisasi FLP Surabaya dan Anggota UKKI Unitomo.
Nomor Telp/WA : 083854809292
Email : rokhmansyahdika@gmail.com
Facebook : M Ivan Aulia Rokhman
Alamat Korespondensi : Jalan Klampis Ngasem VI/06-B, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, 60117.
Writing Camp, Sebagai Ajang Silaturahami antar Penulis Writing Camp, Sebagai Ajang Silaturahami antar Penulis Reviewed by Takanta ID on Juni 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar