Memiliki Banyak Rekening Bank, Memangnya Perlu?

pixabay

Seperti yang diketahui, dengan adanya rekening di bank memang cenderung memudahkan Anda dalam proses menyimpan uang. Terlebih lagi, saat ini sudah dimudahkan dengan adanya sistem tarik tunai dan transfer di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking, internet banking, dan lain sebagainya.
Perlu Anda ketahui bahwa memiliki banyak rekening bank, sebenarnya tidak diwajibkan bahkan tidak perlu. Hal ini karena biaya administrasi untuk satu rekening tabungan saja berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 setiap bulannya. Memang terkesan sedikit, namun jika Anda memiliki lima rekening tabungan, maka Anda bisa mengeluarkan biaya lebih banyak lagi.
Hindari Beban Biaya Tabungan yang Tidak Penting
Jika Anda hendak menghindari beban-beban biaya tak penting tersebut, ada baiknya Anda memilih jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena jika tidak memerlukan tarik tunai atau transfer berjumlah besar dalam satu transaksi, Anda tidak perlu repot memilih rekening platinum atau sejenisnya.
Biasanya bank juga ada menyediakan fasilitas asuransi dalam produk tabungannya. Ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda bayarkan dengan kartu Anda yaitu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, hingga asuransi gadget tanam duit yang saat ini sedang populer.
Mengingat semakin besar plafon, maka semakin besar pula biaya administrasi yang harus Anda bayarkan. Apabila Anda seorang pebisnis, Anda bisa menggunakan rekening khusus. Adapun Anda perlu meminimalisit besar aliran dana ke rekening Anda tersebut, dimana maksimal transaksi yang bisa dilakukan perlu disesuaikan dengan hal tersebut.
Umumnya, rata-rata saldo minimum rekening bagi seorang pebisnis cenderung lebih tinggi daripada rekening individu. Ada juga rekening yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang dalam bentuk valuta asing. Dimana tabungan valuta asing tidak memungut biaya komisi jika Anda menyetor ataupun menarik.
Pilihlah Jenis Rekening Sesuai Kebutuhan
Daripada Anda merasa rugi mengeluarkan biaya administrasi untuk membuat banyak rekening bank, ada baiknya Anda memindahkan tabungan Anda ke salah satu pasar uang atau Anda bisa memanfaatkannya melalui asuransi investasi tanam duit. Dimana tidak ada pemungutan biaya administrasi tiap bulannya, sehingga lebih aman dan juga menguntungkan.

Memiliki Banyak Rekening Bank, Memangnya Perlu? Memiliki Banyak Rekening Bank, Memangnya Perlu? Reviewed by takanta on November 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar