Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya Sebagai Produk Kosmetik dan Obat Kesehatan Manusia



Oleh: Nur Hasanah*

Apotik hidup adalah istilah lahan yang digunakan untuk menanam tumbuhan yang berkhasiat untuk obat tradisional. Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya merupakan salah satu dari apotik hidup. Dan sebagai obat tradisional atau tanaman tradisional yang merupakan salah satu warisan nenek moyang yang telah terbukti secara empiris dan telah dibuktikan secara ilmiah. Tanaman lidah buaya merupakan tanaman sejenis kaktus yang berasal dari Afrika dan termasuk dalam famili Liliaceae. Unsur-unsur yang terkandung dalam tanaman lidah buaya seperti aloin, emodin, resin gum, dan minyak atsiri dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Lidah buaya sebagian besar mengandung air sekitar 99,51% per 100 gramnya, sisanya mengandung bahan aktif (active ingredients) seperti: minyak esensial, asam amino, mineral, vitamin, enzim, dan glikoprotein.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada sekarang telah memperluas pemanfaatan khasiat lidah buaya. Pemanfaatan lidah buaya tidak hanya sebagai tanaman hias saja, tetapi juga sebagai bahan kosmetik juga yang memiliki khasiat membuat kulit tidak cepat kering dan berfungsi juga sebagai pelembab, dan berfungsi juga untuk menghaluskan kulit,  hal ini karenakan lidah buaya mengandung lignin atau selulosa yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Lidah buaya banyak dikenal yang digunakan untuk bahan kosmetik dalam bidang farmasi. Pada bagian daun lidah buaya terdapat eksudat yaitu getah yang keluar dari daun,  zat yang terkandung dalam eksudat ini ada adalah Aloe emoedin  dan Aloins yang biasa digunakan untuk pencahar. Terdapat juga Gel yang merupakan bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, zat yang terkandung dalam gel ini antaranya karbohidrat, senyawa organik, enzim, protein, sakarida, vitamin, dan saponin, gel inilah yang biasanya sangat berfungsi yang salah satunya dijadikan masker wajah.

Manfaat lainnya lidah buaya bagi manusia yaitu sebagai obat diantaranya, menyembukan luka, gel yang terdapat dalam lidah buaya mampu menyembuhkan kulit yang terbakar, dermatitis kontak, luka ringan, dan luka lecet pada kulit. Gel lidah buaya yang memiliki efek dingin dapat meredakan nyeri dan gatal pada jangka waktu yang pendek. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa penyembuhan luka bakar dengan menggunakan gel lidah buaya lebih efektif untuk luka bakar tingkat pertama dan kedua. Dalam sebuah studi eksperimen bahwa gel lidah buaya dapat menyembuhkan luka bakar dalam waktu sekitar 9 hari. Menstabilkan gula darah, penelitian menunjukkan bahwa pemberian 300 mg dan 500 mg kapsul lidah buaya dalam kurun waktu 1-2 bulan dapat membantu glukosa darah menjadi seimbang. Akan tetapi bagi penderita diabetes yang mengonsumsi kapsul lidah buaya harus berhati-hati. Mengobati sariawan, sebuah studi telah yakin bahwa lidah buaya dapat menyembuhkan luka di dalam mulut, dalam sebuah studi ada 180 orang sariawan yang dalam 7 hari mengaplikasikan gel lidah buaya pada area sariawan dapat mengurangi ukuran sariawan. Mendukung sistem kekebalan tubuh, lidah buaya yang dikemas penuh dengan polisakarida dapat meningkatkan kekebalan sehingga sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik, caranya dapat mengonsumsi dalam jus lidah buaya, yang dapat memperlambat inflamasi dan menyusun ulang imun. Membantu menghambat pertumbuhan bakteri, dimana gel lidah buaya mengandung antioksidan yang berat yang dikenal juga sebagai polifenol, tentunya dengan polifenol dan zat lainnya yang terkandung dalam lidah buaya dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh, serta masih ada manfaat lainnya seperti mengurangi kemerahan dalam kulit, meningkatkan elistisitas kulit, antiseptik, sabun transparan, dan lain sebagainya.

Demi keamanan jika mengonsumsinya, sebaiknya jangan mengonsumsi lidah buaya secara sembarangan. Perlu perhatikan beberapa hal, jangan oleskan gel pada luka yang dalam dan parah, alergi terhadap bawang merah dan putih, penggunaan dengan dosis yang tinggi, memiliki masalah usus, penyakit jantung, penyakit radang usus kronis, masalah ginjal, wasir, dan gangguan elektrolit, mengonsumsi obat teratur, maka harus terlebih dahulu berkonsultasi, tidak digunakan pada orang yang memiliki alergi lateks, dan tidak boleh dikonsumsi oleh para ibu menyusui, ibu hamil, dan anak-anak.

Manfaat lidah buaya memanglah banyak, tetapi jika ingin mengonsumsinya perlu diperhatikan secara baik-baik dan perlu diketahui efek apa yang akan ditimbulkan. Baiknya jika ingin mengonsumsi tanaman lidah buaya ini, berkonsultasilah kepada dokter terlebih dahulu.

 

*) Mahasiswi Sosiologi Agama, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, anahjung47760@gmail.com.

Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya Sebagai Produk Kosmetik dan Obat Kesehatan Manusia    Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya Sebagai Produk Kosmetik dan Obat Kesehatan Manusia Reviewed by Redaksi on Januari 19, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar