Padepokan Sun Tree E-Sport




Oleh Nur Fajri As-Shodiqi*

Game adalah sebuah permainan yang menyenangkan. Seiring berjalannya waktu, game sendiri mengalami perubahan. Pada era teknologi saat ini, game menjadi sebuah ajang mengadu skill, kecerdasan dan kerjasama tim. Banyak hal yang dapat dilakukan dan didapatkan dari game, dimulai dari kecerdasan, kawan, pengetahuan hingga game sekarang menjadi ladang pekerjaan untuk meraup keuntungan finansial. Game telah mendapatkan ruang di hati pemerintah dalam hal ini dari pihak KONI. Game sendiri sudah menjadi cabang olahraga baru yang dikenal dengan E-Sport.

Elektronik Sport atau yang lebih dikenal dengan E-Sport adalah olahraga baru yang banyak digandrungi di era sekarang ini. E-Sport sendiri adalah sebuah permainan game dengan menggunakan device dan kecanggihan era. Didukung dengan fitur-fitur cangih serta keterampilan playernya dan teknik analisa yang cukup menarik, tentu saja, permainan ini juga butuh kerja sama tim yang baik. Game yang populer di zaman sekarang yakni game mobile. Terdapat bermacam game mobile, yakni Mobile Legend (ML), Pub-G, Free Fire (FF), dan banyak lagi lainnya. Turut ikut serta game yang masih mempertahankan eksistensinya, yakni game PC salah satunya PES dan Valoran. Era yang canggih dengan fasilitas dan teknologi yang luar biasa perkembangannya begitu pesat sekali. Tidak hanya anak muda, anak kecil hingga yang dewasa pun juga bermain game.

Melihat banyaknya peminat dari E-Sport ini KONI membentuk pengurus khusus untuk menaungi E-Sport dengan nama ESI (E-Sport Indonesia). Tentu saja kepengurusan ini sama halnya dengan cabang olah raga lainnya membutuhkan Pengurus ESI di kota-kota yakni ESI Pengurus Cabang, salah satunya Cabang Situbondo. Hal inilah yang mendorong terbentuknya E-Sport di Situbondo. E-Sport sendiri butuh kepengurusan, struktur dan organisasi yang baik untuk menaungi player, meracik tim, menu latihan dan lain sebagainya, layaknya atlet bada olahraga sepak bola, futsal dan lainnya.

Cafe Sun Tree kembali menjadi wadah pemuda kreatif dan inovatif di Situbondo turut andil dalam pembentukan E-Sport di Situbondo. Selepas terbentuknya Padepokan Karya yang bergerak pada berkumpulnya pemuda yang melakoni seni gerak dalam hal ini adalah Teater. Kemudian disusul dengan Padepokan Musik yang bergerak pada berkumpulnya musisi muda yang mencoba untuk mengeksplor musik modern dan tradisi. Kini ada hal baru lagi yang telah terbentuk di Cafe Sun Tree yakni Padepokan Sun Tree E-Sport atau yang lebih dikenal dengan PST E-Sport. Ada total tujuh E-Sport di Situbondo, yakni Padepokan Sun Tree E-Sport (PST), King Tiger E-Sport (KT), One E-Sport, CBC E-Sport, WKCI E-Sport, Somasi E-Sport (SE), dan STB E-Sport.

Padepokan Sun Tree E-sport (PST) didirikan pada tanggal 15 Januari 2021. Kini telah berjalan 3 bulan. E-Sport. Tanggal 27 Maret 2021 tepatnya pada sabtu malam, Rapat Akbar ke-3 dari Padepokan Sun Tree E-Sport diselenggarakan. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan ESI cabang Situbondo dalam hal ini Wedar atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan Cak We. Selain itu, hadir pula dari tamu undangan dari pihak Dinas Pariwisata bagian Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan Ketua Lembaga Indradhanu yakni lembaga yang menaungi kebudayaan di Situbondo.

Apresiasi luar biasa di mana anak-anak muda berkumpul membahas cita-cita dan mengharumkan nama Situbondo dengan caranya masing-masing, tak terkecuali dengan E-Sport. Terlebih sangat berhubungan sekali dengan program kemajuan pemerintah di era sekarang. Kegiatan, turnamen dan tujuan yang dibangun bersama melalui prestasi E-Sport cukup mendapatkan perhatian pemerintah. Diharapkan Cafe Sun Tree selalu menjadi wadah positif, tetap menjadi wadah untuk menampung pemuda-pemuda kreatif dengan kegiatan positif serta memberikan banyak manfaat. (Ujar Fauzi perwakilan dari Dispar).

Rapat berjalan dengan hikmat. Apresiasi luar biasa dari pihak ESI dan informasi tentang turnamen, porkab, hingga menpora menjadi bahasan dan informasi segar bagi atlet E-Sport di Situbondo. Intinya atlet Situbondo harus menyiapkan diri dengan sebaiknya untuk berlaga dikancah lebih besar. Hal ini juga menjadi tugas pengurus agar dapat menyiapkan menu latihan bagi atletnya agar mampu bersaing dan mengharumkan nama Situbondo. (Ujar Cak We).

Selain terbentuknya PST E-Sport, Cafe Sun Tree juga membentuk Sun Tree Project (S-Project) yang bergerak dibidang broadcaster. S-Project berisikan pemuda aktif, kreatif diusia produktif dengan semangat luar biasa. Sudah waktunya Situbondo ditonton bukan menonton. S-Project juga berperan untuk mengenalkan atlet E-Sport Situbondo beserta dengan kegiatan turnamen dan seputaran tentang E-Sport. Intinya lebih kearah mendongkrak nama Situbondo.

“Se Ngode bisa” (Yang Muda Bisa). Memberikan ruang, apresiasi, dukungan moral, menanamkan semangat dan kompetisi dengan sportifitas tinggi, dan tetap memegang teguh pada edukasi moral menjadi tujuan dibentuknya Padepokan Sun Tree E-Sport (PST). Sejalan dengan tujuan dibuatnya Cafe Sun Tree yang tidak hanya berorientasi pada provite oriented saja, melainkan kebermanfaatan sebagai wadah kreatif.

___________

*) Owner Sun Tree Cafe, Guru di SMAN 2 Situbondo.

 

Padepokan Sun Tree E-Sport Padepokan Sun Tree E-Sport Reviewed by takanta on April 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar