Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan



Pada era globalisasi teknologi hampir dibutuhkan pada seluruh aspek kehidupan saat ini, tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Teknologi yang semakin maju dan canggih saat ini tentunya memberikan warna yang baru bagi para pelaku didalam dunia pendidikan. Pada saat wabah covid 19 ini yang sudah berlangsung selama 1 tahun lebih teknologi sangatlah diperlukan untuk keberlangsungan pendidikan, hal ini menjadi pengalaman baru untuk siswa, dan guru yang merasakan hal ini. Banyaknya perubahan dan pengaruh dari teknologi saat ini menjadikan guru dan siswa harus bisa menyesuaikan dan menggunakan teknologi di bidang pendidikan dengan sebaik-baiknya.

Teknologi dalam pendidikan yang semakin hari semakin berkembang, menjadikan para penggunanya mempunyai bakat dan ilmu baru yang mereka ketahui melalui teknologi ini. Kemampuan yang awalnya belum dikuasai bisa mereka kuasai dengan sekejap saja bisa dikuasai oleh penggunanya. Seperti contoh ketika guru ingin memberikan sesuatu yang baru dalam pemaparan materi, guru dapat membuat suatu kreativitas yang baru melalui teknologi yang tentunya membuat siswa dapat tertarik untuk mengikuti suatu pembelajaran. Kecanggihan teknologi pun juga dirasakan oleh siswa dalam belajar, dimana ketika ada materi yang belum terlalu dikuasai, siswa dapat mencari materi tambahan sesuai dengan yang telah diajarkan oleh guru sebelumnya. Hal tersebut dapat menambah wawasan siswa dalam belajar dan mencari informasi tambahan mengenai materi yang sedang dibutuhkan.

Teknologi dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan juga berpengaruh untuk dimasa yang akan datang. Orang-orang didalam dunia pendidikan bisa merasakan hal tersebut saat ini, pada saat pandemi kegiatan belajar beralih pada penggunaan video converence seperti zoom, google meet, dan lainnya. Melalui aplikasi tersebut kegiatan pembelajaran tidak harus dilakukan dalam satu ruangan, tetapi bisa dilakukan dimana saja. Kemajuan seperti inilah yang dapat mendukung pendidikan agar jauh lebih baik, dimanapun tempatnya kita masih bisa untuk merasakan kegiatan pembelajaran secara mandiri maupun berkelompok. Melalui teknologi sesuatu yang baru pertama kali dirasakan menjadi sebuah pengalaman dan tantangan baru untuk selalu merasa haus akan pentingnya pendidikan.Teknologi dalam pendidikan tidak hanya digunakan sebagai media pembelajaran ataupun sumber belajar saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai sarana dalam pendidikan untuk mempermudah pengisian administratifnya, seperti menginput data siswa, guru, dan sekolah. Hal itu digunakan untuk meningkatkan tingkat keefektifan pengorganisasian di dunia pendidikan.

Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan perubahan yang nyata di dalamnya, semua dunia pekerjaan saat ini menggunakkan teknologi dalam pemakaiannya. Untuk itu dengan adanya pendidikan mengenai teknologi sangat membantu dalam menciptakan sumber daya manusia  yang terampil, inovatif, dan juga produktif. Kecakapan seseorang dalam mengaplikasikan teknologi dengan baik dapat memberikan hasil dan kepuasan tersendiri bagi dirinya dan juga orang lain, sehingga dapat berpengaruh untuk memajukan Bangsa Indonesia menjadi lebih baik, khususnya dalam bidang pendidikan. Teknologi dalam dunia pendidikan sendiri menjadi tantangan baru untuk semua kalangan, dimana guru harus bisa menciptakan suasana yang baru dan menarik untuk siswa agar lebih menyukai belajar, dan siswa pun harus menggunakkan teknologi dengan sebaik mungkin agar semua impian dan cita-cita dapat terwujud dan memberikan hasil yang terbaik.

 

 

 

Biodata

Halimah Nur Fadhilah, mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan    Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan Reviewed by Redaksi on Mei 25, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar