Peran Mahasiswa Sebagai Guardian of Value

 


Oleh: Salsa Oktavia Rahma


Masyarakat di seluruh dunia dihebohkan dengan munculnya pandemi Covid-19 di Wuhan, China. Pandemi ini telah melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Kondisi ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan termasuk bidang pendidikan, bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan melalui rumah untuk semua jenjang pendidikan. Tujuannya yakni untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus Covid-19, namun tetap bisa melaksanakan proses belajar. Pendidikan menjadi hal yang paling utama, karena pendidikan sebagai investasi bagi pembangunan nasional. Dalam prosesnya juga tak luput dari peran nilai-nilai Pancasila.

Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan atau sudut pandang dalam bertindak di kehidupan sehari-hari. Meskipun dengan perubahan sistem pembelajaran, nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan, salah satunya bagi mahasiswa. Mahasiswa disini memiliki peran dan fungsi yakni sebagai Guardian of Value atau penjaga nilai.

Pada sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, hal ini mengarahkan pada tindakan mahasiswa perlu dilandasi oleh kecerdasan dan sikap spiritual. Seperti halnya dalam melakukan sikap ibadah dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mahasiswa termasuk bagian masyarakat berhak mendapatkan perlindungan dan bantuan secara adil dari pemerintah. Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia, hal ini mahasiswa harus membantu pemerintah dan tenaga kesehatan dalam mengatasi pandemi, sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme, hubungan darah dan solidaritas. Sila keempat yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mahasiswa bagian dari masyarakat harus mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan PSBB untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Sila kelima yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, hal ini mahasiswa harus bersikap adil kepada sesama, menghormati hak orang lain, menolong sesama untuk kepentingan bersama menghadapi pandemi Covid-19.

Pancasila merupakan falsafah dan dasar negara Republik Indonesia sebagai pedoman bagi segala kehidupan, berbangsa, dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lantas, sudah sepatutnya jika mahasiswa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam keadaan pandemi Covid-19 ini. Sehingga, mahasiswa harus bisa menjaga dan menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam keadaan apapun.

 

BIODATA

Nama  : Salsa Oktavia Rahma

Asal : Bandung

Usia : 18 Tahun   

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD BUMSIL)

Universitas Pendidikan Indonesia

Peran Mahasiswa Sebagai Guardian of Value  Peran Mahasiswa Sebagai Guardian of Value Reviewed by takanta on Mei 23, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar