Cerbung: Fikri dan Kisah-Kasih di Sekolah (Part 2)


Oleh Fikri*


Maaf agak lama selesainya soalnya tugas pada numpuk. Hehe. Lanjut ke cerita ya…

Akhirnya selesai juga ujian praktik. Enggak semua ujian praktik dikumpulkan daring. Ada beberapa yang emang harus dikumpulkan di sekolah.

“Fikriiii....., panggil Nia.

“Apaan? Kamu dapet nomernya BTS?”candaku.

“Enggak. Ada yang lebih penting dari itu, kata Nia.

“Apa yang lebih penting bagimu daripada BTS? Yakin?” jawabku.

Gini, Fik. UNBK DITIADAKAN!”sambil kirim stiker happy.

“Sih. Benneran, Nia? Tau dari mana? Udah tanya guru belom? tanyaku.

“Beneran. Kalo gak percaya tanya aja ke guru sana. Berani?”

Oh enggak usah. Aku percaya ke kamu. Eh terus nilai untuk kelulusan gimana?” tanyaku penasaran.

Katanya ambil nilai dari praktik dan ujian sekolah,jelas Nia.

Aku diam dan bless…..

Aku kepikiran sama hasil praktik yang lalu, karena aku sempet main-main sama praktiknya. Enggak serius. Aku gak nguasai. Aku tertekan banget. Rasanya kayak lagi dikejar zombee. Takutnya setengah mati.

Fik? Kok gak dibales?” tanya Nia.

Oh, enggak papa lagi ada kerjaan. Udah dulu ya, Nia, kataku bohong.

“Oke. Siap!” bales Nia

Beberapa hari berikutnya wali kelas bilang kalo lusa akan dimulai ujian sekolah. Dan wakel ngasik jadwal ujiannya. Gak nyampek 5 menit chatku udah rame aja kayak pasar. Banyak yang minta tolong untuk ujian mapel matematika. Wajar lah ya, karena aku ranking 2 di kelas dan nilai matematika pada oke semua. Salah satu yang minta tolong ke aku itu Syahid.

“Fikri. Minta tolong, ya. Nanti pas MTK bantu jawab soalnya,”chatnya.

“Hem..gimana, ya, Hid? Aku boleh bantu tapi kamu bisa bayar aku berapa?” candaku.

 “Weh..weh..ke teman sendiri perhitungan banget yok, bales Syahid.

Becanda, Hid. Pasti aku bantu kok. Tapi ada syaratnya. Kamu harus bantu aku pas mapel Bahasa Inggris, pintaku.

Oh..kecil itu gampang, kata Syahid.

“Oke lah sip kalo gitu, jawabku.

Sedikit tentang Syahid. Dia umurnya lebih tua dariku. Tingginya yah...sebelas dua belas denganku, tapi dia agak besar dan yang terpenting dia itu jago banget bahasa Inggris mangakanya aku minta tolong dia aja nanti.

Teman-teman enggak pernah minta tolong sama Nia, karena emang Nia enggak pernah minta tolong teman lain saat ujian. Jadi mereka agak sungkan saat minta jawaban ke Nia.

Jadwal matematika pun tiba. Dengan otak yang udah penuh belajar semaleman, aku yakin akan bisa lewatin ujian matematika dengan lancar tanpa hambatan. Tapi, itu hanya keyakinan. Kenyataannya SUBET (susah betul).

Hampir 30 menit aku coba mengerjakan, tapi cuma setengah dari soal ujian yang bisa aku kerjakan. Mana chat dari Syahid sudah numpuk gak karuan. Asli kepalaku tambah pusing.

“Fikri! Ayo Fik jawabannya, Syahid maksa.

“Iya, bentar ini dikit lagi. Nomer berapaan yang gak tahu?” tanyaku.

“Semua, Fik. SS terus kirim ya, plis sambil kirim stiker sedih.

“Waduh.. Gila ya sampek semuanya. Setengah aja, ya. Sisanya mikir sendiri dulu. Kalo poll gak tahu baru tanya lagi, aku agak maksa juga.

“Oke lah yang penting ada dulu, bales Syahid.

Aku kirim jawabanku tapi enggak semua. Aku coba buat Syahid berusaha dulu walau sedikit. Dengan segala usahaku untuk menjawab soal akhirnya selesai ujiannya. Lega tapi ada sedikit kecemasan tentang nilainya.

Di mapel Bahasa Inggris pun sama. Aku coba untuk usaha sendiri dulu. Pas udah enggak bisa jawab lagi baru aku chat Syahid. Selama ujian sekolah berlangsung, kita berdua tu udah kayak Naqula dan Sadewa di cerita Mahabarata sama-sama melindungi dan membatu satu sama lain. Hahaha...

                                                                                ***

Saat semua ujian dan praktik selesai, mulailah masa-masa kebingungan anak SMP itu datang juga, yaitu memilih SMA untuk lanjut sekolah. Aku yakin kamu pernah ngalami yang aku rasain. Mau pilih SMA ini atau itu masih nunggu temen-temen. Alasannya macem-macem, bisa jarak, orang tua, hingga alasan yang sama sekali bucin, ngikut pacar sekolah di mana. Dah ngaku aja. Kamu pernah gitu, kan?

Untungnya aku gak bingung-bingung amat nentuin sekolah di mana. Apalagi sudah banyak yang datang ke sekolah sejak semester 5 untuk mempromosikan sekolahnya dan mengajak masuk sekolah mereka.

Tapi belum ada yang cocok untukku. Sebenarnya di Situbondo ada beberapa SMA unggulan yang semua anak Situbondo ingin masuk SMA di sana, tapi aku sadar keuangan keluargaku yang sepertinya enggak mungkin bisa membiayai jika aku sekolah di sana. Aku coba tanya Nia dan minta pendapatnya tentang masalahku.

“Nia ada waktu? Ada hal yang ingin aku ceritain, kataku. Sedikit lama menunggu akhirnya dia bales.

“Ada, Fik. Cerita aja,”jawab Nia.

“Gini, Nia. Aku ingin banget masuk SMA 1. Tapi aku mikir biayanya. Orang tua takut gak bisa biayain, curhatku.

“Menurutku ya, Fik sekolah itu emang agak besar biayanya dan bukan cuma itu cara mengajarnya mungkin juga berbeda. Emang kamu siap dengan itu? tanyanya.

Aku belom siap, sih, Nia. Tapi beberapa guru mengusulkan aku di sana saja. Sayang sama nilaiku, jawabku.

“Kan yang jalanin itu kamu, Fik. Yang biayain itu orang tua kamu, bukan guru. Orang tua kamu setuju atau enggak kamu sekolah di sana? kata Nia.

Enggak, Nia. Kata mereka sekolah itu terlalu mahal dan juga jauh dari rumah, jawabku.

“Nah. Kalo udah gak diijinin sudah jangan maksain. Gak baik lawan kata orang tua tu,”bales Nia.

“Iya Nia aku tahu itu kok. Kalo kamu mau masuk mana Nia? Masuk di sana kah?” lanjutku.

Oh. Tentu saja tidak, jawabnya sambil ngirim stiker ketawa.

“Lah.. Kenapa? Kan nilai kamu bagus semua. Kalo biaya, kamu juga enggak masalah  lalu kenapa gak mau masuk sana? tanyaku.

“Gak cocok aja. Kan yang milih jalanin 3 tahun ke depan kan aku, Fik. Jadi aku cari yang cocok dengan ku, jawab Nia.

Oh gitu. Okelah. Makasih ya, Nia. Udah kasih saran dan pendapatnya. Kalo gak ada kamu mungkin aku masih pusing hari ini, balasku.

“Santai aja kali, Fik. Udah kayak ke siapa aja,”kata Nia.

Malam itu, aku termenung. Seperti ada beban di kepalaku. Aku dilema dengan harapan dan kenyataan. Aku coba mejamin mata, tapi pikiranku ngaleleng teros. Semalaman aku coba pikir matang-matang, tapi belum ada keputusan yang aku ambil untuk ke depan.

Nia! Aku harap kita…. Ah, sudahlah.

Bersambung….

________

*) Penulis adalah siswa SMA di Situbondo yang berusaha rutin menulis dan mendoakannya.

 

 


Cerbung: Fikri dan Kisah-Kasih di Sekolah (Part 2) Cerbung: Fikri dan Kisah-Kasih di Sekolah (Part 2) Reviewed by takanta on Agustus 05, 2021 Rating: 5

1 komentar

  1. Apa yang diceritakan Fikri setidaknya bisa mewakili keresahan kita bahwa dewasa ini pendidikan di negeri kita semata hanya orientasi komersil sehingga peserta pendidikannya harus resah memusingkan biaya. "MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA"

    BalasHapus