Diskusi dengan Anak Muda di Acara Mimbar Bebas, Mas Rio: Jika Ingin Perubahan, Rebutlah Kekuasaan

 


Rio Prayogo, bakal calon Bupati Situbondo 2024, memberikan semangat dan motivasi kepada anak muda dalam sebuah kegiatan diskusi bertajuk "Mimbar Bebas" yang diselenggarakan di Cafe Ayah Bunda, Situbondo pada Rabu, (27/12).

 

Mas Rio, panggilan akrabnya, menyampaikan pesan penting kepada peserta diskusi, memotivasi mereka untuk bersinergi dalam upaya menciptakan perubahan positif di Kabupaten Situbondo.  Di hadapan puluhan anak muda Situbondo, Mas Rio mengingatkan anak muda agar tidak mengalami nasib yang sama seperti perusahaan Blackberry yang tenggelam akibat keangkuhannya.

 

"Anak muda Situbondo, jangan sampai bernasib seperti kisah Blackberry. Perusahaan itu bertahan dengan kepongahannya, keangkuhannya yang merasa paling gagah, pada akhirnya tenggelam pada masanya, sama seperti mahasiswa, harus terus bersinergi memperjuangkan sesuatu yang pasti. Jangan hanya membaca buku, tapi harus bisa membaca keadaan," ujar Mas Rio.

 

Mas Rio juga menekankan bahwa jika komunitas pemuda ingin menciptakan perubahan, mereka harus aktif bergerak dan mengawalnya. Tidak hanya menuntut dan meminta fasilitas, melainkan ikut serta secara proaktif dalam menginisiasi perubahan.

 

"Kalian yang sudah memiliki kelompok atau komunitas, jika memang tergerak untuk merubah dinamika politik, pendidikan, dan ekonomi di daerah ini, maka bergeraklah, lalu bersama-sama untuk terus mengawal perkembangan ketiganya," imbuhnya.

 

Pentingnya optimisme dan semangat juga disampaikan oleh Marlutfi Yoandinas, seorang penggiat literasi dan budaya, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. "Kita kerap dihadapkan dengan fenomena serba keterbatasan. Mau ini itu kerap kali terbentur dengan tembok tebal. Entah itu akses, kesempatan, hingga yang paling kerasa yaitu terbentur tembok kekuasaan. Tapi kita jangan diam, yang diperlukan anak muda Situbondo hari ini banyaklah bermimpi, jangan takut karena hal itu terkesan tidak realistis. Karena kita akan terus berjejaring dan saling menguatkan," ungkap Lutfi.

 

Dalam sesi tanya jawab, perwakilan pemuda, Yuski, menyampaikan keluhannya terkait status Kabupaten Situbondo sebagai Kabupaten Miskin dan UMK terendah di Jawa Timur. Ia menyoroti perkembangan literasi yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius, serta mengkritisi perilaku rakus yang membuat pemerintahan menjadi transaksional.

 

Mas Rio memberikan jawaban tegas terhadap pertanyaan tersebut. "Kehendak bebas tertanam dalam diri kita, namun kehendak bebas ini dibatasi oleh fakta sosial. Oleh karena itu, dalam proses politik dan demokrasi, kita gunakan akal, jangan cuma hati, agar ada dampak perubahan sosial yang terasa. Kalau perlu, bareng-bareng kita rebut kekuasaan itu," pungkas Mas Rio. (hans)

Diskusi dengan Anak Muda di Acara Mimbar Bebas, Mas Rio: Jika Ingin Perubahan, Rebutlah Kekuasaan Diskusi dengan Anak Muda di Acara Mimbar Bebas, Mas Rio: Jika Ingin Perubahan, Rebutlah Kekuasaan Reviewed by takanta on Desember 27, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar