Buka Bersama Seniman: Mas Rio Didoakan Menjadi Bupati Situbondo

 


Beberapa seniman tradisi di Situbondo buka bersama Mas Rio dan Tim Patennang, Senin (8/4). Seniman Dalang Topeng Kerte, Pelawak, Penari, Karawitan, Mamaca, dan Musisi berkumpul di rumah Pak Hosnatun, budayawan senior yang dituakan oleh seniman-seniman tradisi di Situbondo. 

 

Sebelum buka bersama, diisi kegiatan diskusi. Seniman-seniman menyampaikan keprihatinan kondisi seni budaya di Situbondo kepada Mas Rio. 

 

Mereka mengeluhkan semakin berkurangnya apresiasi masyarakat yang mengundang (menanggap) seni-seni lokal Situbondo. Lebih seringnya mengundang seni-seni dari luar Situbondo. Dampaknya berhubungan dengan kesejahteraan seniman. Mereka juga mengusulkan agar ada bantuan untuk seniman di bulan ramadhan dan maulid karena di dua bulan tersebut, tidak ada pertunjukan seni. 

 

Seniman yang berkumpul berharap Mas Rio mau memikirkan kondisi kesejahteraan seniman dan pelestarian seni budaya di Situbondo. 

 

"Menurut pandangan saya, di Situbondo perlu ada Taman Budaya (art center). Tempat pelatihan peningkatan kualitas seni, berlatih, berkarya, dan menampilkan karya seniman dan kelompok seninya. Tempat terbaik untuk membangun Taman Budaya menurut saya di Pasar Mimbaan Baru. Di Taman Budaya, nanti akan ada pertemuan antara masyarakat penonton, seniman, dan anak-anak muda untuk pelestarian seni budaya Situbondo, baik seni tradisi maupun seni modern," tutur Mas Rio. 

 

Acara buka bersama dipungkasi dengan doa bersama. Semua seniman yang hadir mendoakan agar Mas Rio dikabulkan hajatnya menjadi Bupati Situbondo tahun 2024-2029. []

 

Penulis: Marlutfi Yoandinas.

 

Buka Bersama Seniman: Mas Rio Didoakan Menjadi Bupati Situbondo Buka Bersama Seniman: Mas Rio Didoakan Menjadi Bupati Situbondo Reviewed by takanta on April 09, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar