MMI Dukung Anak Muda Plalangan Wujudkan Impian

 


Mara Marda Institute (MMI) mendukung upaya anak-anak muda untuk maju menggapai impian. Dukungan disampaikan saat MMI melaksanakan program acara Leadership and Entrepreneurship School (LES) di Desa Plalangan, Sumbermalang, Situbondo.

“Semua kendala yang dialami anak muda Plalangan untuk berkembang akan kita bantu carikan jalan keluar. Saya dukung baik dengan relasi saya dan logistik. Anak-anak muda di sini harus maju,” kata Rio Prayogo, Pembina MMI, pada Sabtu (25/6).

Sementara itu Kepala Desa Plalangan, Mukhlis Al Amin, mengatakan hambatan yang sering dialami anak-anak muda di desanya yaitu kurangnya percaya diri, skill tidak berkembang, dan minimnya jaringan.

“Sebetulnya anak-anak ini sudah banyak yang memulai usaha. Tapi sekali gagal, takut mau coba lagi. Akhirnya tidak ada yang lanjut,” ungkap Mukhlis Al Amin.

Kades Mukhlis kemudian mencontohkan Dani, salah satu peserta LES MMI. Dani beberapa kali memulai usaha, namun selalu gagal. Termasuk usahanya yang terakhir: jualan telur puyuh. Ia menyerah.

Selain itu, ada juga Ismail. Ia disebut pernah membuat usaha pupuk organik. Kurang dari setahun, ia berhenti karena sepi pembeli. Sementara itu, Abel yang baru diterima di perguruan tinggi tahun ini bersemangat meski dalam keterbatasan ekonomi keluarga.

Rio merespons curhatan peserta LES MMI dengan dukungan positif. Ia dan Tim MMI siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta LES MMI.

Menurut Rio, dukungan untuk Abel, Ismail, dan Dani merupakan komitmen MMI untuk memastikan anak-anak muda di Situbondo berani menggapai mimpinya.

“Untuk Abel, kita siapkan biaya transport berangkat kuliah. Silakan nanti hubungi Tim MMI. Untuk Ismail kita siap bantu dana dan jaringan pasarnya. Silakan Ismail siapkan proposalnya, nanti serahkan ke Tim MMI. Sedangkan untuk Dani, kami juga siap membuka jaringan pasarnya. Nanti akan dibantu sama Mas Ical,” jelas Rio.

Selanjutnya Rio mengajak kepada peserta LES MMI untuk sama-sama berkomitmen mengembangkan setiap bantuan menjadi lebih produktif. Rio berharap peserta LES MMI tidak terjebak pada kebiasaan konsumtif yang menurutnya sering menjadi hambatan dalam memulai usaha.

“Kuncinya, buang semua pikiran-pikiran negatif yang menghambat langkah kita untuk maju. Bakar masa lalu yang buruk itu. Kita ganti dengan keyakinan bahwa kita punya kelebihan. Maksimalkan kelebihan itu. Saling mendukung sampai kita mampu meraih mimpi-mimpi kita masing-masing,” tegas Rio.

Sebelum sesi tanya jawab diakhiri, Rio menyampaikan bahwa saat peluang sudah terbuka, tahap yang harus anak muda lakukan adalah jangan berhenti melangkah.

“Karena satu langkah lebih baik daripada seribu konsep. So, Never Give Up. Grab Your Success,” pungkas Rio. (han)


MMI Dukung Anak Muda Plalangan Wujudkan Impian MMI Dukung Anak Muda Plalangan Wujudkan Impian Reviewed by takanta on Juni 27, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar