Beberapa Alasan untuk Kaum Dâd-ngodâdhân Nyocco di TPS



Oleh Ahmad Maghroby R

Wahai kaula muda, besok datanglah ke TPS untuk memilih. Eitsss, jangan banyak ngeles. Jangan bilang bahwa tidak ada gunanya memilih, dengan menganggap dalam pemilihan bupati kali ini tak ada sama sekali kepentingan kalian. Jangan mengatakan bahwa pemilu yang mencerminkan kita sebagai bangsa yang demokratis itu terlalu lebbhak bagi anda yang cuma ngopi tak jelas. Ini penting, mad! Sepenting apakah? Nah, berikut ini saya kasih tahu kepentingan-kepentingan anda, kaum dâd ngodâdhân di seluruh penjuru Situbondo.

Pertama, kepentingan dhâghâng  ba’wan, dhâghâng pecel, dhâgâng karak, dhâgâng pentol, jihu atau kopiân. Bukan apa-apa, mereka ini kebanyakan berjualan di perempatan, terminal, pasar atau tempat-tempat umum lain. Ndak, ndak ini tak bha’ malebbha’a, kawan. Misalnya, ghellu rah, mereka dikenai pajak atau pajaknya naik. Niscaya, harga kopi, nasi dan gorengan juga akan naik. Akibatnya sepuluh ribu tidak cukup lagi. Atau, harus ada yang dikorbankan. Yang rokoknya Surya linciran, harus ganti ke A Satu. Atau bayangkan, kalau semisal harga kopi di lesehan bunga tidak 3k lagi. Selain itu, tentu ini juga akan berpengaruh kepada tingkat ketebalan tempe dan kecairan saos Pak Midun.

Kedua, pathek, jalbus atau taman kota. Hay kaula muda, jangan berbohong. Anda suka kan kalo banyak tempat di Situbondo yang remang-remang. Persoalannya kebijakan selanjutnya akan sangat menentukan apakah tempat-tempat itu masih remang-remang atau tidak, akan rutin ada satpol PP atau tidak. Kalau tempat maksiat itu sudah diterangi, maka jangan salahkan kalau anda hanya bisa melamtiaskan dengan sabun di kamar mandi. Atau pilihan lain ya kembali ke masa kecil, alias memanfaatkan bur jâlâburân.

Ketiga, kos-kosan. Kalau kos-kosan sudah ketat pajaknya, maka siap-siap kamu malam minggu mau anu di mana. Mau ke hotel, mahal bos. Mau di jagungan, rawan dan miang. Oleh karenanya, kebijakan pajak terhadap kos-kosan akan sangat menentukan malam minggu anda yang kere dan menyedihkan itu.

Keempat, aspal jalan Argopuro dan depan Makam Hero. Nah ini persoalan aktualisasi diri. Kalo aspalnya gak bagus, maka dapat dipastikan safety dalam penyelenggaraan Herex tak akan terjamin. Begitu juga di tempat lain, seperti Buk Rampet dan Talang. Dan sudah dapat dipastikan, kondisi ban cacing dan  pelek roci anda akan sangat memprihatinkan. Kan gak ngepot, gak asik bosssss!!

Lima, wifi di alun-alun dan kantor-kantor yang biasa kalian ampungi. Ini penting. Jangan sampai, anggaran calon terpilih sangat miskin untuk wifi. Pokoknya gimana caranya kecepatan wifinya setidaknya 500mb. Pokoknya, gimana caranya kalau anda mabar tidak ngelek. Persoalannya, kalo masih saja wifinya segitu-gitu saja ya lama bos ngegame dan donwload anu. Keburu ada Satpol PP, Mat!

Nah itulah kepentingan kalian, kaum dâd ngodâdhân. Maka besok, sebelum memilih, pastikan calon mana yang punya program-program tersebut. Pilihlah dia. Saya rasa alasan-alasan itu cukup kuat untuk memotivasi anda datang ke TPS.  Tapi, kayaknya tidak ada yang punya program demikian. Ya, iyalah gak ada. Gila kali, parpol atau paslon memperhatikan yang seperti itu. Ya, mau gimana lagi, kalau memang tak ada, ya jangan salahkan saya. Itu saya hanya menghayal. Maka, malam ini berdoalah agar besok bangun pagi. Jangan mabar, jangan ngopi, jangan mantengin timeline twiter dini hari. Ini urusan genting, Mat!

________________
*) Redaktur takanta ID, Biasa tidur dari pagi ke sore, dan semoga tanggal 9 bangun pagi.


Beberapa Alasan untuk Kaum Dâd-ngodâdhân Nyocco di TPS Beberapa Alasan untuk Kaum Dâd-ngodâdhân Nyocco di TPS Reviewed by takanta on Desember 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar