Terima Kasih, Pak Dadang! Jasamu Abadi

 


Oleh : Syaif Zhibond*

Sejak masih menjadi mahasiswa, aktivis kampus hingga menjadi kepala keluarga, saya merasakan betul apa saja kebijakan yang sudah pak bupati ambil untuk kepentingan masyarakat Situbondo.

Program Situbondo unggul salah satu gagasan para pegiat sosial yang waktu itu diamini secara cepat oleh pak bupati yang hingga kini manfaatnya dirasakan langsung oleh para mahasiswa miskin berprestasi di Kabupaten Situbondo. 

Gagasan tersebut bermula dari Diskusi beberapa Organisasi Masyarakat dan NGO yang tergabung dalam Forum Studi Anggaran Daerah Situbondo (FOSADS) yang fokus mengkaji Proses Perencanaan dan Pengaggaran di Kabupaten Situbondo. Kajian tersebut dirasa penting karena selama beberapa tahun terakhir, penetapan APBD Kabupaten Situbondo sering mengalami kemoloran. Kalau tidak salah di tahun 2012 sewaktu saya masih menjadi Aktivis HMI di Situbondo, sering kali melakukan aksi demonstrasi mendesak Pemerintah dan DPRD Kabupaten Situbondo agar segera mengetok APBD. Karena jika penetapan APBD tidak tepat waktu, masyarakat kecil akan menjadi korban.

Hasil kajian anggaran tersebut, kemudian di Desiminasikan dengan para pemangku kepentingan. Kemudian oleh Pak Bupati diputuskan bahwa tahun 2013 Program Bantuan Biaya Kuliah bagi Masyarakat Miskin Berprestasi dibuka untuk masyarakat umum. 

Cukup banyak mahasiswa Situbondo yang dapat menikmati akses pendidikan tinggi di berbagai kampus ternama di Indonesia. Tujuannya tidak lain agar Sumber Daya Manusia Situbondo menjadi lebih unggul, kompetitif dan mampu mengelola kabupaten Situbondo dengan tenaga dan pikiran sendiri secara adil dan bijaksana. Inilah arti berdaulat yang sesungguhnya.

Insyaallah kebijakanmu akan menjadi jariyah yang akan terus mengalir dari para masyarakat yang telah kau bantu untuk memperoleh haknya di Kabupaten Situbondo. Terimakasih pak Bupati, semoga jasamu untuk kabupaten tercinta ini menjadi bekal terbaik untuk kehidupanmu di alam berikutnya. Amin.

________________

*) Pemerhati pemerintahan


Terima Kasih, Pak Dadang! Jasamu Abadi Terima Kasih, Pak Dadang! Jasamu Abadi Reviewed by Redaksi on November 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar