Cerbung: Fikri dan Kisah-Kasih di Sekolah (Part 1)



Oleh: Fikri*

“Nak.. Bangun. Sekolah,” Ibu mengelus rambutku sambil mencoba membangunkanku.

Aku bangun tapi mataku masih terpejam. Badanku gemetar kediginan. Kaki tak kuat berdiri, tapi ku paksa untuk berjalan. Ku lihat jendela, fajar baru mempakkan sedikit kemilaunya. Aku berangkat mungkin sekitar pukul 06.30. Sekolahku gak terlalu jauh.  Hanya perlu 10 menit untuk sampai ke sekolah.

Oh, iya. Namaku Fikri. Anak Situbondo asli. Tinggiku 169 kulitku putih rada coklat dikit. Aku duduk di kelas 3 SMP dan  sudah melewati semester 5. Aku akan segera mengikuti UN dan ujian-ujin lainnya.

Tibanya di sekolah, aku segera ke kelas takutnya terlambat. Bahaya kalo terlambat bisa disuruh berdiri di depan kelas sama guru galak hahah.. Pas masuk kelas, ternyata guru masih belom ada padahal biasanya sudah masuk awal.

“Fikri baru datang?” tanya Nia.

“Iya, Nia. Eh.. Pak guru kok belom masuk, ya? biasanya awal kalo pas jam pelajarannya,” tanyaku penasaran.

“Guru lagi rapat, Fik. Kata teman-teman sih, kita akan libur panjang,” kata Nia.

“Oh,iya? kok bisa?” tanyaku.

“Emang kamu belom liat berita di TV, Fik? Kan lagi rame masalah virus corona. Karena itu mangkanya kita libur,”jawab Nia.

“Oo..”

Dring... suara bel masuk terdengar. Nia duduk di tempat duduknya. Aku pun duduk di tempat dudukku. Gak tahu kenapa guru lama banget datangnya. Akhirnya salah satu teman nyobak ngecek apakah guru udah ke sini atau belom. Tapi belom sempet dia keluar pintu tiba-tiba pak guru datang hampir  aja tabrakan. Teman-teman yang lain pada ketawa liat kejadian itu.

“Ngapain kamu? Duduk sana,”kata pak guru.

“Iya, Pak,” sambil jalan menuju tempat duduknya.

“Assalamualikum anak-anak. Jadi ada hal penting yang ingin bapak sampaikan. Tadi guru-guru dan kepala sekolah rapat masalah arahan dari dinas untuk meliburkan sekolah sementara sampai kondisi yang memungkinkan,” jelas pak guru.

Yang tadinya kelas sunyi kayak kuburan angker, tiba tiba berubah jadi hutan belantara yang banyak orang utannya. Rame banget. Sampek pak guru ngedor meja sedikit untuk nyuruh teman-teman diam.

“Tapi untuk kelas 9 diharapkan belajar dirumah jangan hanya libur saja. Ujian akan segera dimulai,”lanjut pak guru.

“Iya, Pak. Siap,”jawab salah satu teman kelas.

Setelah itu bel berbunyi keras banget dan akhirnya kita diminta untuk beres-beres pulang pagi. Perasaanku kayak menang undian seneng banget tapi enggak mau kelihatan teman-teman kelas. Karena kan aku dikenal anak rajin dan kesayangan guru pake banget hahaha...

Sesampainya di rumah, aku ceritain yang terjadi di sekolah sama orang tuaku dan mereka setuju karena demi kesehatan anaknya juga.

Beberapa hari berlalu tapi masih belom ada info juga tentang masuk sekolah. Sementara itu, berita TV sudah banyak yang memberitakan tentang masuknya Covid-19 ke Indonesia.

Akhirnya setelah seminggu enggak ada kabar tentang masuk sekolah. Wali kelas memberikan himbauan kalo pembelajaran akan di lakukan secara daring melalui HP atau laptop. Pada saat itu, aku kaget karena pada dasarnya aku gagap masalah teknologi. Paling cuma tahu youtube, whatsapp dan beberapa aplikasi game. Untuk HP dijadikan bahan belajar aku masih bingung soal itu.

Wali kelas menginfokan bahwa untuk kelas 9 akan mengikuti beberapa ujian sekolah dan ada beberapa praktek yang semuanya dilakukan daring yakni di rumah.

Setelah beberapa hari, ujian praktekpun dimulai. Banyak banget tugas praktek yang harus dikerjakan dan enggak semua aku bisa kerjakan. Alhasil, aku cuma bisa minta tolong Nia, teman kelasku untuk bantu.

“Nia,  kamu udah tahu akan buat apa pas praktek IPA?” tanyaku.

“Belom, Fik. Palingan aku buat sistem lampu yang gampang aja atau kipas angin yang dari baterai. Kamu udah nemu?” Tanya Nia.

“Belom nemu juga. Pengennya sih buat kipas kayak teman-teman lainnnya tapi masih mikir biar entar cari di youtube kali aja ada,”jawabku.

“Oh, gitu. Ya udah kalo butuh apa-apa bilang aja entar saya bantu,” Nia.

“Makasih,ya,”

“Iya, sama-sama,” kata Nia.

Sedikit tentang Nia. Umurnya lebih tua 1 tahun dariku. Tingginya 165. Baik dan manis tapi kadang-kadang suka jahil. Dia orang paling pinter di kelas tapi dia enggak pernah sombong.

Mulai hari ini aku coba cari proyek yang simpel dan gak butuh uang banyak untuk buatnya. Akhirnya aku dapat ide untuk buat lampu belajar dari charger bekas. Yah..walau praktekya biasa aja cuma sambungin kabel ke lampu. Gak kayak teman-temanku yang lain.

Aku mulai cari-cari charger bekas dan karena berhubung buat beli lampu yang gede aku gak mampu. Jadi pakai lampu bekas korek api yang penting ada nyala lampunya.

Keesokannya aku mulai coba buat video. Pembuatannya pakai HP saja karena aku gak punya kamera bagus dan aku gak mau ganggu ibuku yang lagi sibuk ngurus adek, jadi aku usahakan buat sendiri. Aku mulai dari ngerekam bahan-bahannya karena aku gak jago ngomong, jadi aku cuma videoin biasa dan nanti akan aku kasih tulisan.

Sumpah ternyata buat video tutorial susah banget. Udah kayak nyatain perasaan ke orang yang kita sayang. Ada aja hambatannya. Seharian penuh aku cuma buat video tutorial untuk anak gagap teknologi hasil yang enggak lumayan bagus itu udah oke banget, sih,heheh.

***

Hari penilaian tiba. Mengumpulkannya cukup gampang. Cuma kirim hasil video dan jelaskan sedikit tentang poyeknya.

“Buat apa kamu, Fik?” tanya guru IPA.

“Buat lampu belajar pak dari charger bekas,”jawabku.

“Bisa jelaskan untuk apa buat ini?” tanyanya.

Asli aku pingin jawab “ini kan bapak yang suruh buat. Ngapain tanya ke saya. Kalo gak karena nilai ngapain saya buat beginian,”dalem hati. Tapi aku jawab biasa aja karena menghormati dia sebagai guru.

Setelah menjelaskan panjang kali lebar respons pak guru cuma kirim stiker jempol. Panjang banget aku jelaskan cuma dijawab jempol doang. Emang guru gak sadar kah ya kalo siswa selalu berusaha penuh untuk ngerjakan tugasnya? Kalo gak suka dengan hasilnya, setidaknya menghargai usahanya udah ngumpulkan.

Tiba-tiba ada notif chat dan pas dicek, itu Nia.

“Fik,” chat dari Nia.

“Iya?” tanyaku.

“Kamu sudah ngumpulin tugasnya?” tanya Nia.

“Udah barusan”

“Terus?” lanjut Nia.

“Dapet jempol doang,” jawabku sambil kirim stiker kesel.

“Sih...dapet jempol? kayaknya punyaku enggak deh. Gurunya bales makasih sudah mengumpulkan ke aku,”bales Nia.

“Wah..pilih kasih tuh pak guru. Ada cewek diperhatiin ada yang cowok cuma dicuekin,”balesku.

“Emang kamu buat apa, Fik?” tanya Nia.

Aku jelasin praktekku dan ceritain semua kesulitan pas buat videonya.

“Sabar, Fik. Namanya juga ujian,”kata Nia.

“Iya, eh udah dulu ya mau beres-beres rumah,” balesku.

“Oh, iya. Siap boss,” jawabnya.

Inilah yang kadang siswa bingung kanapa siswa dan siswi diperlakukan berbeda. Padahal enggak semua siswa itu bandel bahkan banyak siswa yang malah lebih pinter dari siswi. Kadang siswa sepertiku suka kesel saat dibandingkan degan siswi.

Pesan untuk guru, siswa gak butuh bentakan, Pak. Tapi butuh kasih sayang, Pak. Belajar menghargai kalo ingin dihargai oleh siswa.

Eh, udah dulu ya ceritanya. Lanjut lain kali, ya. Lagi banyak tugas sekolah.

___________

*) Penulis adalah salah satu pelajar SMA di Situbondo.


Cerbung: Fikri dan Kisah-Kasih di Sekolah (Part 1) Cerbung: Fikri dan Kisah-Kasih di Sekolah (Part 1) Reviewed by takanta on Juli 29, 2021 Rating: 5

2 komentar

  1. Anak-anak generasi ini benar-benar tersiksa dengan adanya belajar daring karena mereka melewatkan proses sosial yang paling indah dalam masa remaja. Terselip doa mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu setidaknya kita bisa kembali bercengkrama sebagaimana seharusnya. Mudah-mudahan sehat selalu

    BalasHapus