Gugah Mental Pemuda Situbondo, Mas Rio: Bisnis yang Bagus Itu Dijalankan, Bukan Dipikirkan

 


SITUBONDO— Bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), Mara Marda Institute (MMI) menggelar pelatihan Inkubator Industri Kreatif di Aula PGRI Situbondo pada Sabtu, (12/8).

Direktur Eksekutif Politika Researh and Consulting (PRC) Rio Prayogo yang dihadirkan oleh panitia sebagai pembicara menyampaikan bahwa sebuah usaha tidak mungkin berjalan sukses jika hanya berbentuk ide, gagasan, dan diskusi saja.

“Bisnis yang bagus adalah yang dijalankan, bukan hanya dipikirkan. Sebab keajaiban itu akan datang saat kita menjalankannya,” ujar Mas Rio, panggilan akrabnya.

Dalam kesempatan ini, Mas Rio mencontohkan dirinya sebagai pengusaha yang sukses dan memulai sebuah usaha dari nol dengan terjun langsung.

“Mulanya, saya langsung berjalan saja dengan membuka usaha warung kopi keliling. Mendorong gerobak setiap malam ke titik pangkalan yang saat itu di Alun-Alun Jember,” kata Mas Rio.

“Melihat pendapatan penjual kopi tidak begitu menjanjikan, saya kemudian melihat peluang di bisnis penjualan gas 3 kg. Alhamdulilah, sampai sekarang bisnis tersebut tetap berjalan dan berkembang,” tambahnya.

Saat ini, Mas Rio bahkan memiliki usaha dalam bidang politik, Politika Researh and Consulting (PRC), yang berkantor pusat di Jakarta.

“Melayani klien baik dari Calon Anggota DPR, Calon Kepala Daerah hingga Calon Presiden,” tegas Mas Rio.

Pembicara lainnya, Dr. Yundini Husni Djamaludin, Chairman of Indonesia Bahrain Bussines and Friendship Society mengatakan bahwa kesuksesan seseorang itu bukan hanya terletak pada di mana sekolah asal, melainkan seberapa besar usaha yang dilaksanan.

“Saya yakin, para peserta Inkubator Industri Kreatif ini punya semangat luar biasa. Mari maju bersama. Saya tunggu produk-produk Anda di Jakarta hingga Bahrain,” kata Yundini.

Dalam kesempatan tersebut, Yundini memang memacu peserta kegiatan dengan menunjukan puluhan foto dan beberapa video kegiatannya di Bahrain.

“Ini saat bertemu Dubes Bahrain, sementara ini ketika mengikuti kegiatan pameran batik di Dubai,” jelasnya sambil menunjuk sejumlah foto melalui laptop.

Walau ekonomi Situbondo banyak digerakkan oleh usaha tani, tapi pertumbuhan usaha lainnya pun relatif besar. Terbukti pada budidaya kopi Kayumas

Pantauan di lapangan, Inkubator Industri Kreatif ini diikuti oleh sekitar 250 peserta yang berasal dari UMKM Milenial Situbondo. Masing-masing pembicara diberikan kesempatan untuk menyampaikan materinya. Kegiatan ini berlangsung hingga 5 jam penuh. []

___

Reporter: Hari Wibowo.

Gugah Mental Pemuda Situbondo, Mas Rio: Bisnis yang Bagus Itu Dijalankan, Bukan Dipikirkan Gugah Mental Pemuda Situbondo, Mas Rio: Bisnis yang Bagus Itu Dijalankan, Bukan Dipikirkan Reviewed by takanta on Agustus 12, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar