Mara Marda Institute Gandeng Bank Indonesia Gelar Pelatihan Inkubator Industri Kreatif

 


Mara Marda Institute (MMI) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) menggelar pelatihan Inkubator Industri Kreatif di Aula PGRI Situbondo pada Sabtu, (12/8).

 

Dalam kegiatan ini, turut hadir tiga tokoh penting antara lain Andhi Wahyu Riyadno (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember), Dr. Yundini Husni Djamaludin (Chairman of Indonesia Bahrain Bussines and Friendship Society), serta Rio Prayogo (CEO Politika Researh and Consulting).

 

Direktur MMI Bella Dwi Indah Sari dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan Inkubator Industri Kreatif adalah usaha pendampingan untuk UMKM Situbondo dalam menciptakan dan mengembangkan usahanya.

 

"Kegiatan ini juga ikut serta mendorong perbaikan kualitas produk, peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan peluang usaha baru," kata Bella.

 

Selain itu, Bella juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian acara yang akan dilaksanakan selama tiga bulan ke depan melalui proses inkubasi.

 

"Tahapannya dimulai dari lomba proposal UMKM Millenial, Visnis Coaching Clinic, pelatihan-pelatihan seperti pengelolaan pengembangan SDM dan keuangan, serta pelatihan strategi marketing," tambahnya.

 

Sementara itu Andhi Wahyu Riyadno menyampaikan bahwa Bank Indonesia sangat mendukung kegiatan yang sifatnya menumbuhkan semangat anak muda, salah satunya dalam hal berwirausaha.

 

“Yang pasti, saya senang terhadap kegiatan seperti ini. Karena itu BI akan selalu memberikan support untuk kegiatan-kegiatan sejenis ini,” kata Andhi.

 

Terkait support tersebut, Andhi mengatakan sudah pernah merealisasikannya pada tahun-tahun sebelumnya antara lain di Jember, Banyuwangi dan Bondowoso.

 

“Mudah-mudahan tahun ini juga di Situbondo,” sambung Adhi.

 

Andhi menambahkan, salah satu bentuk support yang dilakukan di beberapa kota tersebut adalah Digital Farming, mengajak masyarakat untuk menginput aktivitas ekonominya ke dalam dunia digital.

 

“Sederhananya, Digital Farming dapat dimaknai sebagai aplikasi yang tersambung dengan lahan pertanian untuk mengukur unsur hama pada tanah sekaligus cara memperlakukannya,” tegas Andhi.

 

Acara pelatihan Inkubator Industri Kreatif ini diikuti oleh sekitar 250 peserta yang berasal dari UMKM Milenial Situbondo. 

___

Reporter: Hari Wibowo

Editor: Hans

Mara Marda Institute Gandeng Bank Indonesia Gelar Pelatihan Inkubator Industri Kreatif Mara Marda Institute Gandeng Bank Indonesia Gelar Pelatihan Inkubator Industri Kreatif Reviewed by takanta on Agustus 12, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar