Serunya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Cerpen Hasil ToT

 


Oleh: Dewi Masithoh & Syarafina Khanza Digananda*

Training of Trainer (ToT) menulis cerpen untuk guru sekolah yang dilaksanakan bersama dengan bapak ibu guru sekolah menengah mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Selain cerpen para guru yang dijadikan buku antologi cerpen, tujuan pengembangan ToT dalam pembelajaran pun dapat pula dituntaskan dalam implementasi pembelajaran dan sekaligus menghasilkan karya cerpen yang ditulis oleh peserta didik. Sesuai dengan tujuan awal ToT ini memang untuk melatih bapak ibu guru menjadi pendamping bagi peserta didiknya di sekolah. Dengan demikian, penerapan dari hasil pelatihan bersama para pemateri saat ToT tidak hanya dikuasai secara pribadi, tetapi dapat tersalurkan kepada peserta didik.

Implementasi pembelajaran dan pengumpulan karya cerpen peserta didik dan atau teman sejawat ini merupakan serangkaian kegiatan ToT menulis cerpen pada siklus dua. Lebih kurang setengah dari peserta ToT yang tuntas dalam menyelesaikan serangkaian ketentuan kegiatan. Pada pengumpulan cerpen yang dituliskan oleh peserta didik bervariasi terkait pemilihan tema serta isi yang dituangkan dalam tulisan. Ada yang bertema terkait dengan peperangan yang mengambil latar tempat kerajaan, tentang kehidupan di masa sekarang dengan kisah-kisah yang berbeda dikemas dengan judul yang sesuai dengan isi cerpen, serta perpaduan cerpen yang dikemas dengan latar tema anime. Bapak/ibu guru mampu melakukan pembelajaran berdiferensiasi untuk menulis cerpen terbukti dari hasil yang tertuang dalam video implementasi pembelajaran dan hasil karya cerpen peserta didik dan/atau teman sejawat.

Pembelajaran menulis cerpen secara berdiferensiasi salah satunya diterapkan pada implementasi menulis cerpen yang diampu oleh Imrotin. Guru SMKN 3 Batu itu menyuguhkan kumpulan cerpen peserta didiknya dengan mengambil tema “satu hari”. Dirasa mudah mudah sulit ketika menulis cerpen dengan mengambil pengalaman yang dialami oleh masing-masing peserta didik dalam kegiatan satu hari yang pernah dilakukan atau hari yang paling berkesan yang pernah dialami untuk dikembangkan menjadi cerpen. Akan tetapi, hal itu mampu menjadi daya tarik bagi peserta didik untuk menulis cerpen. Sebagai contoh yang lain, pembelajaran yang dilakukan oleh Amalia Arifiani (Guru SMAN 8 Malang) dengan menulis sinopsis hasil membaca cerpen serta menulis cerpen menggunakan metode pentigraf atau cerita pendek tiga paragraf dengan menuliskan terlebih dahulu unsur-unsur pembangun cerpen yang akan ditulis dan dikembangkan.

Implementasi pembelajaran menulis cerpen yang bervariasi dan berdiferensiasi bisa menjadi inovasi tertentu dalam menulis cerpen. Dari implementasi pembelajaran menulis cerpen yang sudah dilakukan oleh bapak/ibu guru peserta pelatihan ToT menulis cerpen, patut untuk diapresiasi bahwa kegiatan ToT menulis cerpen bagi peserta didik yang diinisiasi oleh Departemen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang berkolaborasi dengan kelompok mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang membuahkan hasil yang dapat dijadikan inovasi serta pengembangan kepenulisan-kepenulisan yang lainnya di kemudian hari.

Serangkaian kegiatan bertajuk Training of Trainer (ToT) menulis cerpen untuk guru sekolah menengah dimulai dari siklus satu Training of Trainer menulis cerpen, pendampingan karya, siklus dua dengan melakukan implementasi pembelajaran yang menghasilkan video pembelajaran dan cerpen karya peserta didik atau teman sejawat, serta puncak kegiatan yakni bedah buku dan panen karya yang sudah dihasilkan oleh bapak ibu guru yang luar biasa. Didampingi oleh bapak dan ibu dosen Fakultas Sastra dan kekompakan para panitia yang merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Malang, kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan awal diadakannya pelatihan menulis cerpen bagi para guru.

Implementasi yang dihasilkan dalam ToT menulis cerpen ini tidak hanya dibuktikan dari keberhasilan bapak dan ibu peserta yang membimbing peserta didik ataupun teman sejawat untuk sukses dalam menuliskan karya. Namun, implementasi ini juga dibuktikan dengan video dan cara bapak dan ibu peserta mengemas menjadi pelatih menulis cerpen yang handal dan profesional dalam menyalurkan materi tentang menulis cerpen yang sudah didapatkan selama pelatihan. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil unggah video bapak dan ibu peserta dalam menuntaskan tuntutan-tuntutan di ToT menulis cerpen yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang ini. Sekitar 50% dari jumlah peserta yang ada, peserta berhasil sampai pada tahap unggah video di siklus dua. Kreativitas mereka dalam mengemas dalam video juga bervariatif dan sangat inovatif sesuai dengan gaya pembelajaran yang telah mereka terapkan sehari-hari. Video tugas dari bapak dan ibu peserta diunggah dalam channel Youtube pribadi ataupun instansi sekolah mereka masing-masing. Bapak dan ibu peserta yang tidak menuntaskan tanggungannya dengan alasan apa pun tentu akan mendapatkan benefit yang berbeda dengan peserta yang menuntaskan tuntutan-tuntutan yang sudah dirancang oleh panitia.

Kedua implementasi yang dihasilkan oleh bapak dan ibu peserta membuktikan bahwa mereka benar-benar dapat dikatakan menjadi peserta ToT menulis cerpen yang terlatih dan profesional. Di tengah kesibukan mereka menjadi seorang guru, mereka juga tatap mengambangkan bakat menulis mereka melalui program ToT menulis cerpen yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang ini. Menghasilkan pelatih menulis cerpen melalui profesi guru adalah tujuan akhir dari program ToT menulis cerpen. Banyaknya rangkaian kegiatan yang ada juga menjadikan pelatihan ToT menulis cerpen ini terlihat sangat menarik dikalangan peserta. Banyak yang berharap bahwa ToT menulis cerpen ini akan tatap gemilang dan diadakan setiap tahunnya.

 

*Esai ini ditulis secara kolaborasi oleh Dewi Masithoh & Syarafina Khanza Digananda. Keduanya merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang.

Serunya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Cerpen Hasil ToT Serunya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Cerpen Hasil ToT Reviewed by Redaksi on Agustus 10, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar